RANGKAIAN  P5 KB : Gerabah, Kerajinan Tuban yang Harus Dilestarikan”

Projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) merupakan suatu pembelajaran untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap lingkungan sekitar. Pembelajaran P5 sendiri bertujuan untuk membentuk pelajar indonesia berperilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila.

Pada Pembelajaran P5 KB Islam Insan Kamil Tuban semster 2 kali ini, mengambil tema imajinasiku dan kreativitasku dengan percakapan tema “Gerabah, kerajinan Tuban yang harus dilestarikan”

Rangkaian kegiatan P5 ini berlangsung  selama 5 hari. Dimulai tanggal 27 Mei hingga 6 Juni 2024, yang dilaksanakan di halaman KBTK Islam Insan Kamil Tuban. Pada tanggal 27 Mei dalam tajuk “Aku ingin tahu” dimana anak-anak akan mengenal tentang gerabah, dengan brainstorming melalui penjelasan video dan paparan ustadzah wali kelas.

Pada tanggal 28 Mei dalam tajuk “Ayo cari tahu” anak akan praktek langsung membuat gerabah yang didampingi ahli. Anak-anak belajar secara kontekstual dari ibu pengrajin gerabah yang berasal dari daerah Merik. Mereka praktik membuat gerabah dengan alat dan bahan yang dibawa ibu pengrajin. Anak-anak asyik berekplorasi dengan tanah liat dan alat pemutar pembuat gerabah.

Sedangkan, tanggal 29 Mei dalam tajuk “Karyaku” anak akan mengenal beberapa macam gerabah dan juga sekaligus fungsinya. Tanggal 03 Juni dalam tajuk “Saatnya berbagi” anak akan menghias hasil gerabah sesuai dengan kreasi masing-masing. Tanggal 06 Juni dalam tajuk “Ini Hasilnya” anak akan melihat dan mempresentasikan pameran hasil karya mereka yaitu gerabah.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan informasi kepada anak tentang gerabah sebagai bentuk karya seni yang ada di Indonesia, membantu anak untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam berkomunikasi/menyampaikan pendapat, mendorong anak untuk lebih percaya diri atas karya mereka sendiri dan berani menghasilkan sesuatu yang orisinal.

Silahkan bagikan tulisan ini:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *